Cara Buat SSD Sendiri Gratis


Supaya performa PC atau laptop kamu kencang, kamu harus upgrade prosesor, RAM dan hard disk. Pada hard disk, kamu harus ganti ke SSD.
Pilihan varian SSD di pasaran sendiri beragam, namun secara garis besar harganya mahal. Kalau kamu juga ngerasa kemahalan, mending buat aja deh sama Jaka. Mau tahu caranya? Yuk simak cara buat SSD sendiri gratis ini!

Begini Cara Buat SSD Sendiri Gratis

foto-anandtech-ssdsamsugn
SSD sebetulnya adalah serangkaian chip NAND yang disatukan, mirip seperti flashdisk dan RAM. Pada cara kali ini, kita akan membuat SSD pakai RAM. Salah satu keunggulannya, bahkan lebih cepat dari SSD NVMe loh. Yuk simak langkah-langkah berikut...

Langkah-langkah Cara Buat SSD Sendiri Gratis

Langkah 1

Download dan install software bernama RAMDisk, kamu bisa download melaluit tautan berikut.

Langkah 2

Jika sudah buka software tersebut. Pada kolom nomor satu, masukan ukuran SSD yang diinginkan. Ini tergantung juga dengan besar RAM yang kamu punya, maksimal 1GB. Bisa hingga 64GB, namun kamu harus pakai versi berbayar. Jika sudah, klik "Start RAMDisk".
foto-jalantikus-buatssd1

Langkah 3

Tujulah "This PC", maka kamu akan menemudah drive baru dengan nama "RAM". Itulah SSD yang baru saja kamu buat.
foto-jalantikus-ssd2

Bonus: Hasil Uji

Jaka memakai RAM DDR3 1600Mhz CL15, hasilnya saat dijadikan SSD bahkan lebih cepat dari SSD NVMe. Lengkapnya sebagai berikut.
foto-jalantikus-buatssd3

Akhir kata

Kalau RAM kamu besar dan nggak kepakai, kamu wajib coba trik ini. Nggak pakai modal, kamu bisa punya SSD super ngebut. Selamat mencoba ya! Pastikan juga kamu membaca artikel terkait SSD atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

5 Alasan Kenapa Keamanan di Internet Saat Ini Menjadi Krusial

Sekarang ini, ada banyak sekali kejadian yang membuat kamu berselancar di dunia maya menjadi berbahaya. Sebab, banyak hal yang membuat ...

Info Terbaru Nih

Artikel Populer dan Lengkap

Spesial Artikel Terbaru