Kenapa Harus Memilih OS 64-Bit Dibandingkan 32-bit?


Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mempunyai peran sangat penting, salah satu fungsinya adalah sebagai antarmuka sistem untuk mengoperasikan sebuah perangkat elektronik seperti komputer atau laptop. Saat ini, sistem operasi komputer mempunyai dua versi bit, yaitu versi 32-bit dan 64-bit. Antara kedua versi tersebut, yang manakah yang paling bagus untuk digunakan ?
Dengan semakin canggihnya teknologi komputer saat ini, bisa dibilang mungkin sudah tidak perlu menggunakan sistem operasi 32-bit karena versi tersebut sudah kurang cocok, selain alasan tersebut berikut Jaka sajikan beberapa alasan lain untuk lebih menggunakan OS 64-bit dibandingkan 32-bit.

Alasan Memilih 64-bit Dibanding 32-bit

Perbedaan 32-bit dan 64-bit

Bit adalah sebuah satuan informasi data komputer. Jumlah bit dalam prosesor dipengaruhi oleh ukuran tipe yang dapat diproses dan juga ukuran registri. Sistem operasi 64-bit mampu menyimpan 264 komputasi, yang mana dapat mengakses empat miliar kali lebih banyak dari 32-bit.

Pengaruh Bit pada Sistem Operasi

32-bit atau 64-bit ?
Selain dilihat dari segi perangkat keras, komponen komputer juga harus memperhatikan dari segi perangkat lunak, terutama pada sistem operasi. Pengaruh bit pada sistem operasi akan lebih terlihat jelas kalau dalam hal komponen RAM.
Pada sistem operasi dengan versi 32-bit, kapasitas RAM yang didukung sangat terbatas yakni hanya 4GB. Itu berarti jika komputer kita mempunyai kapasitas RAM diatas 4GB (seperti 8GB atau bahkan 16GB), maka RAM tersebut hanya akan terbaca memiliki kapasitas sebesar 4GB saja, kan sayang juga kalau sisanya terbuang begitu saja.
Sedangkan pada versi 64-bit, kapasitas RAM komputer yang didukung sangat luas sampai dengan 192GB. Oleh karena itu, pada beberapa laptop/komputer dengan kapasitas RAM di atas 4GB sudah pasti menggunakan sistem operasi 64-bit.
Selain berpengaruh pada komponen RAM, Bit pada sistem operasi juga berpengaruh pada sebuah aplikasi atau software. Sebagai contoh sekarang ini, untuk menjalankan software editing seperti Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effects seri terbaru kamu perlu menggunakan sistem operasi 64-bit, karena software tersebut tidak support pada 32-bit.

Sistem Operasi 32-bit atau 64-bit yang Harus Saya Gunakan ?

32-bit atau 64-bit ?
Buat para pelajar dan orang kantoran yang menggunakan komputer hanya untuk mengetik dan browsing, Jaka sarankan tidak perlu menggunakan yang 64-bit, 32-bit saja sudah cukup karena rata-rata untuk mengerjakan tugas tersebut hanya perlu menggunakan komputer dengan RAM 2GB.
Namun, buat teman-teman editor ataupun gamer yang sering menjalankan aplikasi atau game-game berat di komputer, tentu perlu kapasitas RAM yang lebih besar seperti 4GB, 8GB atau mungkin 16GB, komputer dengan RAM lebih dari 4GB sudah wajib menggunakan sistem operasi 64-bit karena kalau tidak maka seperti yang sudah Jaka bilang sebelumnya, RAM yang terbaca hanya 4GB saja.
Dalam memaksimalkan kinerja hardware dan software, maka disarankan untuk menggunakan kapasitas RAM di atas 4GB dengan sistem operasi 64-bit. Dengan beberapa informasi yang Jaka berikan di atas, semoga dapat menjadi bahan referensi kamu untuk memilih mana versi bit yang cocok untuk digunakan dan sesuai dengan kebutuhan, Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

5 Alasan Kenapa Keamanan di Internet Saat Ini Menjadi Krusial

Sekarang ini, ada banyak sekali kejadian yang membuat kamu berselancar di dunia maya menjadi berbahaya. Sebab, banyak hal yang membuat ...

Info Terbaru Nih

Artikel Populer dan Lengkap

Spesial Artikel Terbaru