Pengen Nampang Jadi Programmer? Cukup Kuasai 7 Perintah CMD Ini

CMD merupakan layanan pada sistem operasi yang bisa kalian gunakan untuk menjalankan berbagai perintah dengan tujuan tertentu seperti menstabilkan koneksi internet, menjalankan aplikasi dan sebagainya.
Nah, untuk orang awam, melihat seseorang mahir menggunakan CMD seakan menjadi sesuatu yang mengagumkan. Maukah kalian terlihat sebagai jagoan komputer di depan teman-teman atau mungkin gebetan atau bahkan pacar kalian? Simak pembahasan kali ini terkait sejumlah perintah CMD yang akan membuat kalian terlihat seperti seorang jagoan komputer.

1. Membuka Kalkulator

Membuka Kalkulator
Untuk mengakses kalkulator tentunya kalian harus mencari aplikasi tersebut melalui Start Menu. Okelah, cara tersebut memang tidak begitu merepotkan namun bagaimana jika ada cara yang lebih mudah? Bagaimana? Kalian hanya perlu mengetikkan perintah calc di CMD.

2. Membuka Pengaturan Advance User Account

Membuka Pengaturan Advance User Account
Jika kalian ingin mengakses pengaturan user account, tentunya kalian harus masuk terlebih dahulu ke Control Panel yang mana akan memakan waktu sekitar 6-10 detik dan sedikit merepotkan. Okelah, sebenarnya tidak terlalu begitu merepotkan namun bagaimana jika ada cara yang lebih cepat? Bagaimana? Kalian hanya perlu mengetikkan netplwiz di CMD.

3. Mengakses Disk Management

Mengakses Disk Management
Kalian juga bisa menggunakan CMD untuk mendapatkan akses lebih cepat ke fitur disk management dengan menggunakan perintah diskmgmt.msc. Disk management sendiri berfungsi untuk melakukan partisi, format, defragmentasi, dan lain sebagainya pada hard disk kalian.

4. Membuka Notepad

Membuka Notepad
Jika kalian ingin membuat sejumlah catatan, tentunya kalian akan menggunakan notepad ketimbang aplikasi Office yang akan memakan waktu lama untuk terbuka. Nah, agar lebih praktis kalian hisa menggunakan perintah notepad.

5. Membuka Sticky Notes

Membuka Sticky Notes
Ingin membuat catatan singkat yang bisa kalian lihat terus-menerus di desktop? Tentunya kalian akan memilih menggunakan Stick Notes yang bisa kalian akses lebih cepat dengan mengetiikan perintah stikynot di cmd.

6. Melakukan Troubleshooting

Melakukan Troubleshooting
Untuk kalian yang ingin melakukan troubleshooting ketika komputer kalian mengalami masalah tertentu, kalian bisa mengakses fitut tersebut lebih cepat dengan menggunakan perintah control.exe /name Microsoft.Troubleshooting.

7. Membuat Jaringan WLAN

Membuat Jaringan WLAN
Ingin bermain game menggunakan jaringan WLAN dengan teman kalian? Gampang, tinggal ketikkan perintah (netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=masukkan nama jaringan WLAN yang ingin kalian buat key=masukkan password untuk jaringan WLAN yang ingin kalian buat).
Jangan lupa ketikkan netsh wlan start hostednetwork untuk menjalankan jaringan tersebut.
Itulah tadi 7 perintah CMD yang wajib kalian ketahui agar terlihat seperti jagoan komputer di depan teman dan gebetan atau pacar kalian, semoga bermanfat dan selamat mencoba.
Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

5 Alasan Kenapa Keamanan di Internet Saat Ini Menjadi Krusial

Sekarang ini, ada banyak sekali kejadian yang membuat kamu berselancar di dunia maya menjadi berbahaya. Sebab, banyak hal yang membuat ...

Info Terbaru Nih

Artikel Populer dan Lengkap

Spesial Artikel Terbaru