5 Aplikasi Alternatif Terbaik Pengganti Windows Essentials


Microsoft secara resmi telah menghentikan dukungan untuk Windows Essentials 2012 pada 10 Januari 2017. Bahkan, link download-nya juga sudah dihapus.
Windows Essentials 2012 ini mencakup aplikasi seperti Family Safety, Outlook, SkyDrive, Live Mail, Live Messenger, Live Writer, Movie Maker, dan Photo Gallery. Ya, aplikasi tersebut sangat populer dan powerful dimasanya.
Sejujurnya sangat disayangkan Microsoft menghentikan program Windows Essentials 2012. Jangan sedih, kabarnya baiknya sudah ada alternatif terbaik untuk mengganti program tersebut. 

Ayo Move On dari Windows Essentials 2012, Inilah 5 Aplikasi Alternatif Terbaik Penggantinya

1. Mozilla Thunderbird (Windows Live Mail)

Mozilla Thunderbird
Windows 10 memang sudah dilengkapi dengan aplikasi pengelola email, namun tidak bisa menyimpan pesan kamu secara offlineMozilla Thunderbird pun tampil sebagai pengelola email yang jauh lebih unggul.
Kamu dapat dengan mudah untuk mengatur dan membalas email masuk. Fiturnya pun tergolong lengkap, diantaranya arsip pesan, pengelola aktivitas, pencarian, tab, dan lainnya.

2. Shotcut (Windows Movie Maker)

Shotcut
Sekarang ini memang sudah banyak aplikasi edit video yang canggih, dari Premiere Pro, After Effect, hingga Vegas Pro. Namun jaman dulu untuk edit video, Windows Movie Maker tentunya sangat bisa diandalkan.
Jika kamu hanya butuh aplikasi edit video ringan namun dengan fitur cukup lengkap, alternatif terbaik dari Windows Movie Maker ialah Shotcut. Kamu bisa mengimpor klip video, gambar, efek, dan file suara. Kemudian drag dan drop mereka ke timeline.

3. IranView (Windows Photo Viewer)

irfanview
Selain memiliki fungsi dasar sebagai penampil gambar, seperti halnya Windows Photo Viewer. IrfanView juga memiliki fitur tambahan seperti fitur pengolahan gambar dasar.
Seperti memutar, memotong, mengubah ukuran, mengkonversi, menyisipkan teks ke gambar hingga pemberian efek tertentu dari banyak variasi format file-file gambar.

4. Open Live Writer (Windows Live Writer)

Open-Live-Writer
Open Live Writer merupakan sebuah aplikasi open source yang memungkinkan penggunanya untuk menyusun artikel. Kamu dapat menambahkan foto atau video dalam posting dan kemudian mempublikasikannya ke sebuah blog.
Open Live Writer bisa digunakan untuk beberapa penyedia layanan blog populer seperti Blogger, WordPress, TypePad, DasBlog, MovableType, dan masih banyak lagi.

5. Google Drive - SkyDrive (OneDrive)

Google-Drive-SkyDrive-(OneDrive)
Layanan cloud storage SkyDrive sekarang sudah menjadi OneDrive dan power full karena terintegrasi dengan beragam layanan Microsoft seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Jika 15 GB yang disediakan secara gratis masih kurang. Kamu juga bisa turut menggunakan layanan cloud storage alternatif gratis terbaik.
Seperti Google Drive, Amazon Cloud Drive, Dropbox, Box, dan Mega. Bahkan Mega memberikan 50 GB penyimpanan gratis dan benar-benar gratis bahkan untuk pengguna baru.

Akhir Kata

Nah itulah 5 aplikasi alternatif terbaik untuk menggantikan program Windows Essentials. Windows Essentials sendiri paket aplikasi perangkat lunak gratis dari Microsoft yang menawarkan layanan surel, pesan instan, berbagi foto, penerbitan blog, dan keamanan yang terintegrasi.
Program-program Essentials memang dirancang untuk mudah terintegrasi satu sama lain, sayangnya dukungannya sudah berakhir. Bagaimana pendapat kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

5 Alasan Kenapa Keamanan di Internet Saat Ini Menjadi Krusial

Sekarang ini, ada banyak sekali kejadian yang membuat kamu berselancar di dunia maya menjadi berbahaya. Sebab, banyak hal yang membuat ...

Info Terbaru Nih

Spesial Artikel Terbaru