Cara Screenshot di Android Tanpa Menekan Tombol Apapun


Screenshot adalah kegiatan mengambil tampilan layar, atau jika di komputer istilahnya print screen. Kegiatan screenshot biasanya dilakukan ketika ada sesuatu yang menarik di layar smartphone.
Di perangkat Android, fungsi screenshot sudah banyak dikembangkan oleh vendor. Ada yang menggunakan kombinasi tombol, hingga ada yang menggunakan sensor. Kali ini Jaka akan memberikan cara mudah screenshot di Android tanpa harus menekan tombol.

Cara Screenshot di Android Tanpa Menekan Tombol

Cara-screenshot-di-Android-5
Bagi Jaka yang selalu menyediakan tips Android terbaik buat kamu, fungsi screenshot sangatlah penting dan sering digunakan. Karena sering digunakan, maka bakalan repot jika harus terus-terusan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume, takut cepat rusak. Untuk mengakalinya, begini cara Jaka melakukan screenshot di Android tanpa harus menekan tombol.

Mengambil Screenshot dengan Aplikasi Screenshot Easy

Screenshot Easy adalah aplikasi besutan Ice Cold Apps yang akan memudahkan kamu dalam mengambil screenshot di Android kamu. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi lain, Screenshot Easy menyediakan beragam metode pengambilan screenshot yang cocok untuk Android kamu. Dengan Screenshot Easy, kamu bisa mengambil screenshot dengan mudah dan cepat tanpa harus menekan tombol kombinasi tertentu (selama support metodenya).
Kenapa harus Screenshot Easy? Karena aplikasi ini bisa digunakan di perangkat Android yang sudah di-root atau belum di-root. Selain itu, ukurannya juga ringan. Nah, berikut ini cara menggunakan Screenshot Easy:
  • Download apk Screenshot Easy dari link yang Jaka sediakan. Setelah itu install di Android kamu agar kamu bisa screenshot di Android tanpa menekan tombol fisik lagi.
  • Setelah Screenshot Easy terinstal, kamu buka aplikasinya. Jika smartphone kamu sudah di-root, berikan saja akses root saat meminta akses root. Tenang, aplikasi ini bisa digunakan walau Android kamu belum di-root kok. Selanjutnya Screenshot Easy akan mendeteksi metode screenshot apa yang secara default dibekalkan vendor pada smartphone Android kamu.
Cara-screenshot-di-Android
  • Pada tampilan awal, kamu akan dihadapkan pada beragam metode yang tersedia di Screenshot Easy. Di sini kamu bisa memilih metode lain yang kamu sukai, bisa menggunakan Overlay Icon, Shake, atau tombol kamera (jika ada), atau menggunakan metode default tombol kombinasi. Karena tujuan Jaka adalah untuk melakukan screenshot di Android tanpa harus menekan tombol, maka Jaka sarankan untuk mengaktifkan metode Overlay Icon. Setelah itu tekan pilihan Start Capture untuk mulai mengaktifkan fitur Screenshot Easy.
Cara-screenshot-di-Android-2
  • Setelah itu, maka kamu akan menemukan sebuah tombol melayang-layang di setiap tampilan Android kamu. Nah, tombol inilah yang akan kamu gunakan untuk mengambil screenshot, jadi gak perlu lagi menekan tombol kombinasi.
Cara-screenshot-di-Android-3
  • Uniknya lagi, setiap hasil screenshot yang diambil oleh Screenshot Easy bisa langsung diedit sebelum dibagikan.
Cara-screenshot-di-Android-4
Mudah bukan cara screenshot di Android tanpa harus menekan tombol yang Jaka berikan ini? Dengan begini, maka tombol Power dan Volume kamu tidak akan cepat rusak, serta mengambil screenshot pun semakin mudah. Ayo sayangi tombol Android kamu dengan meminimalisir penggunaannya dalam melakukan screenshot.
Apa kamu punya aplikasi screenshot lainnya yang menurut kamu lebih baik? Share yuk di kolom komentar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

5 Alasan Kenapa Keamanan di Internet Saat Ini Menjadi Krusial

Sekarang ini, ada banyak sekali kejadian yang membuat kamu berselancar di dunia maya menjadi berbahaya. Sebab, banyak hal yang membuat ...

Info Terbaru Nih

Spesial Artikel Terbaru